Yayasan Islam Al-Aqsha Kelapa Gading Jakarta Utara- (021) 4505722, (WA) 081384525926

Program Kegiatan Al-Aqsha

>> Minggu, 02 Agustus 2009

POKOK POKOK PROGRAM PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK AL-AQSHA


Sesuai dengan historis berdirinya Yayasan Al-Aqsha khususnya dibidang pendidikan, untuk melancarkan laju dan perjalanan Yayasan maka pengurus telah mengadakan musyawarah dan mufakat dengan menetapkan Program-Program Panti sebagai berikut .

PROGRAM JANGKA PENDEK

  1. Berupaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari santri, seperti Tempat berteduh, Pangan, Pendidikan dan Keterampilan.
  2. Mengupayakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya insani baik melalui pendidikan agama yaitu iman dan taqwa (Imtaq) maupun pendidikan umum dan tekhnologi (Iptek)
  3. Mengupayakan agar dapat diciptakan kordinasi antara pihak yang terkait dengan program yayasan dalam rangka mengatur dan memenuhi pendapatan (income), sehingga dapat terciptakan suatu pola yang acuannya dari tiga sumber (donator tetap, sumbangan insidentil, dan bantuan dari instansi terkait).

Dengan pendapatan tersebut diatas, maka tiap anggota anak binaan dalam kehidupannya dapat dikategorikan pada ukuran kehidupan minim pada level standar kesejahteraan dengan arti mereka (anak binaan) dapat menikmati sarana dan prasarana yang menunjang program-program pendek.

II. PROGRAM JANGKA PANJANG
  1. Mengupayakan agar Yayasan memiliki gedung asrama yang permanen dan memadai sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Mengupayakan agar Yayasan memiliki tempat pendidikan yang permanen lengkap dengan sarana dan prasarana baik pendidikan agama atau pendidikan umum atau dan pendidikan formal maupun non formal.
  3. Mengupayakan agar Yayasan memiliki sarana dan prasarana yang menjunjungdi bidang ketrampilan dan kursus-kursus.
  4. Mengupayakan agar Yayasan memiliki usaha yang memadai seperti:Koperasi, Biro Jasa, Percetakan,Transportasi, Bengkel dan lain-lain.
  5. Mengupayakan agar tiap binaan akhirnya tercipta menjadi anak yang beriman, berilmu, bertaqwa, terampil, mandiri dan menjadi anak yang berakhlakul karimah.


Dengan nawaitu yang baik, serta semangat pengabdian dan kepedulian untuk karena ALLAH semata, juga upaya kerja keras mendapat dukungan semua pihak, Inya ALLAH program-program yayasan akan terealisasi dengan baik.

Utuk merealisasikan tujuan Panti Sosial Bina Remaja Al-Aqsha, maka pada tahun 2008 pengurus telah melakukan berbagai kegiatan seperti:



I. HARIAN


Kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh semua anggota anak binaan dengan melibatkan beberapa tenaga termasuk pengasuh, tenaga pengajar, tenaga konsumsi yakni:

  1. Mengkordinir anak binaan yang ada di Panti, agar melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.
  2. Menyiapkan konsumsi untuk makan pagi,siang dan malam.
  3. Mengarahkan agar anak binaan selalu semangat belajar, menjaga kebersihan, ketrampilan, ketertiban selalu berupaya meningkatkan disiplin, terampil dan akan patuh pada agama.
  4. Menghimpun dana dan mengalokasikan sesuai dengan kebutuhannya.
  5. Mengadakan Pengajian dan mengarahkan semua Santri setiap malam Ba’da magrib di Panti.

II. BULANAN

Kegiatan yang dilakukan setiap bulan pada awal Minggu pertama dengan melibatkan pengurus harian yaitu:

  1. Membuat laporan keuangan pada tiap tutup bulan yang di ketahui olehKetua dan Bendahara.
  2. Mengalokasikan dana sesuai dengan pos masing-masing dilakukan oleh Sekretaris dan Bendahara dengan diketahui oleh Ketua setiap awal minggu pertama.
  3. Mengadakan pendekatan dengan masyarakat melalui pengambilandonator, pengajian dan lain-lain dengan waktu sesuai agenda serta tidak mengikat.

III. TRIWULAN


Kegiatan yang dilakukan setiap tiga bulan sekali, yakni:

  1. Mengetahui hasil kegiatan anak binaan yang ada di Panti, melalui evaluasi sebagai pengurus harian dengan melibatkan koordinator kegiatan,tenaga pengajar, tenaga konsumsi, pengasuh. Dilaksanakan pada tanngal: awal bulan pada bulan ketiga
  2. Mengevaluasi hasil pengumpulan dana. Dengan mengadakan rapat pengurus harian di Sekretariat Yayasan Al-aqsha

IV. TAHUNAN
Dilaksanakan setiap tahun sekali dengan melibatkan pengurus dan semua anggota binaan PSAA Al-Aqsha mengenai evaluasi tahun yang telah lampau dan perencanaan tahun yang akan datang.



0 komentar:

Sepak Bola

Sepak Bola
Kegiatan Sepak Bola LSN

Hadroh

Hadroh
Tim Hadroh

Pencak Silat

Pencak Silat
Kegiatan Pencak Silat di Puncak

  © WebMaster Yayasan Al-Aqsha by Al-Aqsha 2009 Back to TOP